Mengambil data dari Sheet dan File lain

Pada Excel kita dapat dengan mudah untuk mengambil data dari sheet maupun dari file lain yang tersimpan dalam bentuk Excel juga. Ini tentu sangan berguna sekali pada saat kita membutuhkan sejumlah data tertentu dari pengolahan data dari sheet ataupun file lainnya. Selain itu kita dapat mengelompokkan data dalam kriterian yang lebih sistematis dan memanggilnya sesuai kebutuhan pada file ata sheet yang baru.

Caranya untuk mengambil data dari sheet lain:
  1. Misalnya sheet yang anda aktivkan saat ini adalah Sheet2, dan anda membutuhkan data dari Sheet1 pada range G3 maka yang perlu dilakukan adalah pilih range (D2) yang ingin ditampilkan datanya (pada Sheet2) lalu ketik =Sheet1!G3, maka data pada Sheet1 di range G3 akan sama dengan data di Sheet2 range D2
  2. Dan jika anda ingin memindahkan sejumlah range dari Sheet1 ke Sheet2 anda tinggal melakukan cara diatas atau copy paste atau klik fill handlenya di D2 kemudian klik dan drag hingga range yang diinginkan (misalnya I2)
  3. Data pada Sheet2 akan selalu terhubung dengan Sheet1, sehingga setiap perubahan yang terjadi pada Sheet1 maka secara otomatis akan berubah pada Sheet2
Caranya untuk mengambil data dari file lain:
  1. Untuk mengambil data dari file lain sebenarnya hampir sama dengan penjelasan diatas (mengambil data dari sheet lain) yaitu letakkan kursor pada range yang diinginkan misal Z24, lalu ketik rumus =[data1.xlsx]Sheet1!S5. *)Selanjutnya tekan enter. penjelasanya [data1.xlsx] merupakan nama file, Sheet1 adalah nama Sheet yang kita ambil sedangkan S5 merupakan range datanya.
  2. Jika anda kesulitan untuk menentukan nama file yang akan dambil jika namanya relatif panjang maka pertama yang perlu anda lakukan adalah aktivkan kedua file (file yang akan diambil datanya dan file tempat menempatkan data baru), pada file, sheet dan range tempat dimana data akan ditempatkan anda ketik =, selanjutnya pindah kursor dan aktivkan jendela file yang akan diabil datanya lalu tentukan klik sheetnya dan range tempat data berada, kemudian tekan Enter, maka data di data2.xlsx akan sama dengan data di file data1.xlsx sesuai sheet dan range yg diinginkan.
  3. Data di file data2.xlsx ini juga terhubung langsung dengan file di data1.xlsx Jadi jika terjadi perubahan di data1.xlsx maka data di file data2.xlsx juga akan berubah
*) Ini nama file pada Excel 2007 (.xlsx) untuk Excel 2003 berakhiran (.xls)
Semoga berhasil

lowongan kerja di rumahlowongan kerja di rumah

Comments :

17 komentar to “Mengambil data dari Sheet dan File lain”
aa' mil mengatakan...
on 

Terima kasih infonya sobat

Anonim mengatakan...
on 

wah ini yang dicaricari...thanks yah mudah2an barokah...

Anonim mengatakan...
on 

sangat bermanfaat,thx ya

Pungu_Dockra mengatakan...
on 

bagaimana kalau datanya banyak, dan setiap waktu datanya berubah......kalau mindahin pake macro gimana caranya ya?????

Casperscript mengatakan...
on 

thx bnyak boz,, ini dia yg aku cari

Bambang Nurjaman mengatakan...
on 

Makasih ya mas brow share tutornya, semoga barokah.

www.kalpanikus.web.id

Nandi mengatakan...
on 

terimakasih atas ilmunya mudah mudahan Allah swt yang membalas kebaikan saudara .... mohon izin dicofy....terimakasih

r1zi mengatakan...
on 

Kalau untuk mengambill data cuma di satu cell menggunakan macros gimana Mas? Nantinya data tersebut akan dimanipulasi lagi.

Anonim mengatakan...
on 

izin copy gan, trim's banyak ilmunya

erwin mengatakan...
on 

thx bro ilmu nya , moga bisa di pergunakan dgn manfaat .

Reza Sofyanputra Parawangsa mengatakan...
on 

Makasehh, Gan... teng ilmunya...

Kuat K mengatakan...
on 

Lalu bagaimana kalo cellnya di merge and center? Misalnya pada sheet 2, cell yang di merge and center adalah A1:E1. dan sheet 1 cell yang di merge and center adalah A2:D2. nah data pada sheet2 A1:E1 adalah data dari Sheet1 A2:D2.nah bagaimana itu caranya?

Kuat Kuat mengatakan...
on 

kalau ambil data dari 2 data range giman rumusnya ya mas?

MaY Komputer mengatakan...
on 

Makasih, nice info...

Propertinet mengatakan...
on 

Makasih gan share nya.. :)

n4n4n9 mengatakan...
on 

kalo nama sheet nya sudah direname bagaimana caranya mas,misal sheet1 jadi pos1 sheet2 jadi pos2

Anonim mengatakan...
on 

thx sob

Poskan Komentar