Melindungi data sel dengan password

Jika kita membuat database atau form input menggunakan Excel, tentunya beberapa range harus diprotec sedangkan range lainnya (yang digunakan untuk input data) harus tetap dapat diaktivkan. Nah caranya adalah:

  1. Buka lembar kerja Excel
  2. Pertama blok semua range dengan tekan Ctrl+A (Select All)
  3. Selanjutnya kita protect seluruh range terlebih dahulu (dalam posisi terblok) dengan tekan klik kanan pada mouse,
  4. Pilih Format Cell
  5. Pilih Protection, selanjutnya centang Locked dan Hidden, Locked untuk memprotec range sehingga tidak dapat dirubah-rubah, sedangkan Hidden untuk menyembunyikan seluruh input (masukan) termasuk formula dalam range.
  6. Selanjutnya pilih range yang akan diaktifkan, misal range B3 sampai B15, maka blok range B3 dan B15 selanjutnya klik kanan pada mouse
  7. Sama dengan poit 4, pilih Format Cell lalu klik Protection
  8. Kebalikan dari sebelumnya, hapus centang Locked dan Hidden, bisa Locked saja berarti data tetap disembunyikan, namun range tetap aktif.
  9. Selanjutnya pada dashbor pilih Tools (atau tekan Alt+T), pilih Protection
  10. Pilih lagi Protection Sheet, klik selanjutnya masukkan password anda
  11. Jika selesai sekarang coba delete range yang diprotect, jika berhasil anda tidak akan dapat mendelete maupun merubah isi range yang diprotect

lowongan kerja di rumahlowongan kerja di rumah

Baca lanjutannya......

Mengambil data dari Sheet dan File lain

Pada Excel kita dapat dengan mudah untuk mengambil data dari sheet maupun dari file lain yang tersimpan dalam bentuk Excel juga. Ini tentu sangan berguna sekali pada saat kita membutuhkan sejumlah data tertentu dari pengolahan data dari sheet ataupun file lainnya. Selain itu kita dapat mengelompokkan data dalam kriterian yang lebih sistematis dan memanggilnya sesuai kebutuhan pada file ata sheet yang baru.

Caranya untuk mengambil data dari sheet lain:
  1. Misalnya sheet yang anda aktivkan saat ini adalah Sheet2, dan anda membutuhkan data dari Sheet1 pada range G3 maka yang perlu dilakukan adalah pilih range (D2) yang ingin ditampilkan datanya (pada Sheet2) lalu ketik =Sheet1!G3, maka data pada Sheet1 di range G3 akan sama dengan data di Sheet2 range D2
  2. Dan jika anda ingin memindahkan sejumlah range dari Sheet1 ke Sheet2 anda tinggal melakukan cara diatas atau copy paste atau klik fill handlenya di D2 kemudian klik dan drag hingga range yang diinginkan (misalnya I2)
  3. Data pada Sheet2 akan selalu terhubung dengan Sheet1, sehingga setiap perubahan yang terjadi pada Sheet1 maka secara otomatis akan berubah pada Sheet2
Caranya untuk mengambil data dari file lain:
  1. Untuk mengambil data dari file lain sebenarnya hampir sama dengan penjelasan diatas (mengambil data dari sheet lain) yaitu letakkan kursor pada range yang diinginkan misal Z24, lalu ketik rumus =[data1.xlsx]Sheet1!S5. *)Selanjutnya tekan enter. penjelasanya [data1.xlsx] merupakan nama file, Sheet1 adalah nama Sheet yang kita ambil sedangkan S5 merupakan range datanya.
  2. Jika anda kesulitan untuk menentukan nama file yang akan dambil jika namanya relatif panjang maka pertama yang perlu anda lakukan adalah aktivkan kedua file (file yang akan diambil datanya dan file tempat menempatkan data baru), pada file, sheet dan range tempat dimana data akan ditempatkan anda ketik =, selanjutnya pindah kursor dan aktivkan jendela file yang akan diabil datanya lalu tentukan klik sheetnya dan range tempat data berada, kemudian tekan Enter, maka data di data2.xlsx akan sama dengan data di file data1.xlsx sesuai sheet dan range yg diinginkan.
  3. Data di file data2.xlsx ini juga terhubung langsung dengan file di data1.xlsx Jadi jika terjadi perubahan di data1.xlsx maka data di file data2.xlsx juga akan berubah
*) Ini nama file pada Excel 2007 (.xlsx) untuk Excel 2003 berakhiran (.xls)
Semoga berhasil

lowongan kerja di rumahlowongan kerja di rumah

Baca lanjutannya......

Mendeskripsikan waktu

Trik kali ini akan mendeskripsikan waktu yang awalnya angka-angka akan kita jadikan hitungan hari, jam, menit dan detik, hal ini berguna sekali saat kita bekerja dengan perhitungan waktu (seperti berbagai rental, warnet, wartel dsb), misalkan hasil rental diperoleh lamanya pelanggan adalah : 32:15:31 artinya : 32 Jam 15 menit 31 detik atau 1 hari 8 jam 15 menit 31 detik, nah untuk memunculkan kata-kata hari, jam, menit hingga detik rumusnya adalah sebagai berikut:

Misalkan waktu yang akan dideskripsikan berada pada range E3, dan kita akan menampilkannya pada range F3, maka ketik pada range F3 sebagai berikut :

=INT(E3)&" Hari"&HOUR(E3)&" Jam "&MINUTE(E3)&" Menit dan "&SECOND(E3)&" Detik"
Sehingga diperoleh hasil para range F3 sebagai berikut:

1 Hari 8 Jam 15 Menit 31 Detik
Keterangan rumus:
  1. INT untuk menampilkan banyaknya hari setelah 24 jam, dimana 1 hari adalah 24 jam
  2. & untuk menggabung antara dua Text/angka yang berbeda maupun antar angka hasil dari pengolahan baik dalam suatu sheet, satu workbook maupun antar file. Contoh misalkan dalam range B2 berisi Bulan, sedangkan dalam range C2 bernilai 12 maka jika di D2 kita ingin memunculkan 12 Bulan, maka ketik di D2 =C2&" "&B2 (tambahan "" untuk memberikan spasi antara angka dengan text)
  3. Berturut-turut HOUR, MINUTE, dan SECOND untuk menampilkan nilai Jam, menit dan detik dari range E3.
Semoga berhasil

Dapatkan segera SOAL-SOAL CPNS 2009-2010, Terbaru Terlengkap Hanya DISINI

lowongan kerja di rumahlowongan kerja di rumah



Baca lanjutannya......

Operasi Matematika sederhana pada Excel

Kelebihan dari Office Excel adalah kemampuanya dalam mengolah data dan melaksanakan peritan matematika mulai dari yang paling sederhana hingga yang rumit berikut beberapa formula matematika sederhana:
  1. Untuk memulai operasi pengolahan data selalu mulai dengan tanda sama dengan (=)
  2. Operasi penjumlahan maka anda tinggal ketik =4+4 , selanjutnya tekan enter maka akan muncul angka 8 pada range
  3. Demikian juga dengan operasi matematika lainnya seperti pengurangan, perkalian, pembagian maka anda tinggal ketik tanda sama dengan (=)(angka)(operator)(angka) , selanjutnya tekan enter maka akan muncul angka hasil operasi pada range.

Dapatkan segera SOAL-SOAL CPNS 2009-2010, Terbaru Terlengkap Hanya DISINI

lowongan kerja di rumahlowongan kerja di rumah

Baca lanjutannya......

Menyembunyikan nilai Nol (0)

Seringkali nilai nol (0) tampak mengganggu dan kurang cantik dipandang pada saat kita mengoperasikan suatu formula namun belum berniai / bernilai nol (o). Untuk menghilangkanya satu persatu juga akan mengalami kesulitan jika data kita banyak dan tersebar tidak merata pad baris dan coloum. Untuk menyembunyikannya ikuti langkah berikut :
(Bagi pengguna Excel 2007)
  1. Klik tombol Microsoft Office Button, plih Excel Option
  2. Setelah jendela Excel option ditampilkan, pilih tab Advanced lalu pada bagian Display option for this worksheet, hilangkan tanda centang pada pilihan Show a zero cells that have zero value.
  3. Klik OK
  4. Hasilnya setiap nilai nol (0) yang ada akan dsembunyikan
(Bagi pengguna Excel 2003)
  1. Pada Tab pilih Tools selanjutnya cari menu Option
  2. Setelah jendela Excel option ditampilkan, pilih tab View lalu hilangkan tanda centang pada pilihan Zero value.
  3. Klik OK
  4. Hasilnya setiap nilai nol (0) yang ada akan dsembunyikan
Semoga berhasil

Dapatkan segera SOAL-SOAL CPNS 2009-2010, Terbaru Terlengkap Hanya DISINI

lowongan kerja di rumahlowongan kerja di rumah

Baca lanjutannya......

Setting Formula

Pada saat kita menuliskan bilangan/angka, bagi orang Indonesia seringkali tampak terbaliiK tanda titik (.) untuk pemisah desimal sedangkan tanda koma (,) untuk pemisah ribuan.


Agar bisa sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yaitu tanda titik (.) untuk pemisah ribuan, sedangkan tanda koma (,) untuk pemisah desimal maka kita perlu melakukan sedikit perubahan diawal.
  1. Kembali keawal, klik start selanjutnya pilih control panel, lalu cari Regional and Language Option klik juga, hingga muncul tampilan berkut :
  2. Selanjutnya pilih tab Regional Options lalu klik tombol drop down, pilih : Indonesia, terakhir klik OK.
Semoga berhasil

Dapatkan segera SOAL-SOAL CPNS 2009-2010, Terbaru Terlengkap Hanya DISINI

lowongan kerja di rumahlowongan kerja di rumah

Baca lanjutannya......

Salam kenal dari Master Excel

Salam kenal buat para sobat blogger semua, blog ini nantinya akan ditujukan sebagaian besar mengupas seputar tips, trik dan berbagai hal tentang aplikasi Office Excel, hal ini saya lakukan karena sebenarnya jika kita bisa mengoptimasikan penggunaan Excel, maka berbagai persoalan yang berkaiatan dengan oleh data, angka maupun data base akan dengan mudah dapat diselesaikan dengan bantuan Microsoft Excel

Semoga blog ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua, saya sebenarnya bukan master untuk penguasaan Office Excel, namun hanyalah seorang yang ingin berbagi ilmu tentang Office Excel, oleh karena itu bantuan, saran, kritikan dari para pembaca dan blogger semua akan sangat kami nanti-nantikan.

Baca lanjutannya......